Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN Sultan Ageng Tirtayasa
Mata Pelajaran : Fisika
Materi Pokok : Gerak Vertikal
Kelas/ Semester : X/ I
Pertemuan Ke : II
Alokasi Waktu : 30 menit
Tahun Ajaran : 2011/2012
I.
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan
dinamika
benda titik.
II.
Kompetensi Dasar : Menerapkan
Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak
lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
III.
Indikator :
1) Menjelaskan
perbedaan dan hubungan antara gerak jatuh bebas, gerak vertikal ke atas dan
vertikal ke bawah.
2)
Memahami cara untuk menghitung
ketinggian, kecepatan, dan waktu suatu benda pada keadaan tertentu.
3)
Memecahkan masalah yang berhubungan
dengan gerak vertikal.
4)
Mengkorelasikan gerak vertikal dengan peristiwa
di kehidupan sehari-hari.
IV.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan mampu memahami dan memecahkan
masalah yang berhubungan dengan gerak vertikal.
V.
Materi Pembelajaran :
1.
Gerak Jatuh Bebas
2.
Gerak Vertikal ke Atas
3.
Gerak Vertkal ke Bawah
VI.
Metode Pembelajaran :
1.
Model Pembelajaran :
Direct Instruction.
2.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, dan Diskusi.
VII.
Sarana dan Sumber Belajar
1.
Buku Fisika SMA kelas X
2.
Power Point
VIII.
Penilaian
-
Jenis penilaian : Tes tertulis dan lisan
-
Bentuk : latihan
-
Waktu : Di akhir kegiatan pembelajaran
Instrumen Penilaian :
No
Soal
|
Soal
|
Jawaban
|
Nilai Maksimum
|
1.
|
Sebuah bola jatuh bebas dari ketinggian 80 m. Berapa waktu yang
diperlukan bola untuk mencapai tanah?
|
Dik:
h = 80 m; g = 10
![]()
Dit: t?
t =
![]() ![]() |
30
|
2.
|
Sebuah
bola dilempar ke atas dengan kecepatan awal 30 m/s, ketinggian maksimum yang dicapai adalah ……m
|
Dik:
Vo = 30 m/s
g = 10
![]()
Dit: h maks?
Vt2 = Vo2-2gh
h = Vo2/2g
= ( 302 ) /
(2.10)
= 45 m
|
30
|
3.
|
Batu dilempar ke dalam sumur
dengan kelajuan awal 5 m/s dan menyentuh permukaan air sumur setelah 2 sekon.
Berapa kedalaman sumur ?
|
Dik:
v0= 5 m/s
t = 2 sekon g = 10 m/s2
Dit: h?
h = v0 t + ½ g
t2
= (5) (2) + ½
(10) (2)2
=10 + 20
=30 m
|
40
|
Jumlah
|
100
|
Format Penilaian
Afektif
No.
|
Nama Siswa
|
Indikator Sikap
|
Skor Total
|
|||||
Pakaian
|
Kerajinan
|
Kerjasama
|
Keberanian
|
Keseriusan dalam
Belajar
|
Hormat pada Guru
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
A
= Bagus C
= Kurang Bagus
B
= Sedang D
= Buruk
Mengetahui, Serang,
07 Oktober 2015
Dosen Mahasiswa
PLP
Indri Sari Utami, M. Pd. Riza
Rinaldi
NIP : NIM
: 2280142376
Komentar
Posting Komentar